Kamis, 28 Oktober 2010

Pengantar Bisnis minggu 2

Nama : Niandha Hapsari
Kelas : 1EB18
NPM : 24210958
TUGAS PENGANTAR BISNIS MINGGU KEDUA



1. Jelaskan bagaimana cara mendirikan (berikan langkahnya) UKM dengan memperhatikan faktor produksi !
 - Harus mempunyai modal.
 - Harus mempunyai tenaga kerja.
 - Harus mempunyai ide metode yang kreatif.

2. Berilah masing-masing sebanyak 5 contoh riil perusahaan berdasarkan letak/tempat !
 - Lokasi/letak perusahaan terikat pada alam.
 - Lokasi/letak perusahaan berdasarkan sejarah.
 - Lokasi/letak perusahaan berdasarkan pemerintah.
 - Lokasi/letak perusahaan dipengaruhi oleh faktor ekonomi.
 - Lokasi/letak perusahaan berdasarkan pergaulan hubungan/pergaulan internasional.

3. Sebutkan dan jelaskan dengan singkat apa yang menjadi tujuan perusahaan !
 - Tujuan Ekonomi : Laba-Pelanggan-Pengembangan kebutuhan masyarakat dalam hal produk-
  kualitas,harga,kuantitas,waktu pelayanan kegunaan-Inovatif berkesinambungan
 - Tujuan Sosial : Keinginan investor,karyawan,penyedia faktor-faktor produksi dan masyarakat.

4. Jelaskan apa yang dimaksud lingkungan internal dan eksternal suatu perusahaan !
 - Lingkungan Internal : Memiliki 2 variabel,yakni kekuatan (strength) dan kelemahan (weakness).
  mencakup semua unsur bisnis yang ada di dalam suatu perusahaan seperti struktur oganisasi perusahaan,      budaya perusahaan dan sumber daya perusahaan.
 - Lingkungan Eksternal : Memiliki 2 variabel,yakni peluang (opportunity) dan ancaman (threats).
  mencakup 2 bagian,yaitu lingkungan tugas dan tugas umum.


5. Aplikasikan setiap variabel lingkungan internal dan eksternal bagaimana pengaruhnya pada sebuah
  perusahaan !
 - Ekologi : Pencemaran udara,air,sampah.
 - Ekonomi : Urbanisasi,pertambahan penduduk,pajak.
 - Sosial : Kriminalitas.
 - Politik : Pertahanan keamanan hukum keputusan dan transaksi perusahaan
 - Hukum : keputusan dan transaksi perusahaan

6. Jelaskan perbedaan producer oriented approach dan consumer oriented approach !
 - Producer Oriented Approach : Produsen yang berorientasi pendekatan,maksudnya menjual barang dan jasa ke pasar.
 - Consumer Oriented Approach : Konsumen yang berorientasi pendekatan,maksudnya membeli barang dan jasa yang dijual oleh produsen dari pasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar