Rabu, 06 April 2011

Tugas Minggu 5 dan 6 Perekonomian Indonesia

Dampak mengerikan perubahan mendasar yang tak terkendali

1. pengetesan kemiskinan jalan di tempat

secara umum dan teoretis selalu dikatakan jika perekonomian tumbuk, maka lambat laun kue ekonomi yang tersedia akan membesar sehingga bisa dinikmati lebih banyak orang dan bagian untuk tiap orang yang membesar sehingga semua pihak menjadi lebih sejahtera. namun, seandainya pertumbuhan ekonominya timpang, maka yang menikmatinya hanyalah sebagian kecil penduduk sementara sebagian besar penduduk hanya kebagian remah-reamahnya saja.

masalah kemiskinan disemua negara tidak dapat diatasi, namun di indonesia masalhanya terasa sedemikian berat, dewasa ini akibat transformasi ekonomi.
beberapa masalah penanganan kemiskinan di sejumlah negara sudah berhasil mencapai tujuan berarti seperti di Kamboja, Laos, Vietnam, dan RRC. pemerintah di kawasa Indo-Cina seperti kamboja, laos dan vietnam, misalnya, mengambil pendekatan pembangunan ekomoni yang sedderhana, namun sangat manusiawi dan tepat sasaran.

sedangkan, angka kemiskinan di indonesia bagaikan timbul tenggelan. sebentar naik, sebentar turun. jumlah penduduk miskin bahkan sempat melonjak sangat tajam, gara-gara kenaikan harga BBM yang melonjak besar pada bukan Oktober 2005.
pemerintah pasti mengetahui benar hal itu, akan tetapi ketakutan berlebihan akan jebolnya anggaran oleh defisit yang kelewat besar akhirnya mendorong pemrintah untuk tetap menaikan harga BBM dalam skala yang tak tanggung-tanggung, sampai lebih dari 100 persen.



2. Pengangguran terus meningkat

dari tahun ke tahun penagngguran di indonesia terus bertengger pada kisaran angka 10 persen; padahal, pertumbuhan ekonomi di harapkan dapat mencetak lapangan kerja tumbuh secara memuaskan.

dalam periode pasca krisis indonesia bahkan mengalami disparitas antara pertumbuhan ekonomi dan tingkat pengangguran. Seharusnya hubungan antara sifat keduanya terbalik, yakni, jika terjadi pertumbuhan eknomi maka seharusnya pengangguran turun, demikian pula sebaliknya jika pertumbhan ekonomi merosot, bahkan negative, maka pengangguran akan meningkat.

Sebenarnya, secara umum dta ketenagakerjaan, termasuk tingkat pengangguran, selam ini tidak sejelas dan selengkap data PDB. Data tentang pengangguran tidak bisa begitu saja di persandingkan dengan data PDB. Karena data time series tentang pengangguran berasal dari survey yang berbeda.

Masalah lemahnya data ketenagakerjaan ditambah lagi dengan sinyalemen bahwa pemerintah acap kali sengaja memoles data pengangguran sedemikian rupa demi kepentingan politik.
 
Nama : Niandha Hapsari
NPM   :  24210958
Kelas : 1eb18

Tidak ada komentar:

Posting Komentar